pengen banget liburan kesini !!!


Venesia adalah sebuah kota di Italia Utara, ibukota dari Veneto, dengan penduduk sejumlah 271.251 (tahun 2004). Bersama dengan Padua, kota ini masuk ke dalam area Metropolitan Padua-Venesia dengan penduduk sekitar 1.600.000 orang. Venesia dikenal dengan nama “Ratu Adriatic”, “Kota Air”, “Kota Jembatan” dan “Kota Cahaya.”

Kota ini terbentang melewati 110 pulau-pulau kecil di Lagoon Venesia di sepanjang lautan Adriatic di timur laut Italia. Lagoon yang berair asin ini terbentang di sepanjang garis pantai di antara mulut sungai Po (selatan) dan Piave (utara).

Republik Venesia dahulu merupakan kekuatan maritim utama, juga pusat perdagangan yang amat penting (khususnya sutera, bijian dan rempah-rempah) dan hasil karya seni Rennaisance hingga akhir abad 17.

Venesia sangat terkenal di dunia dengan kanal-kanalnya. Dibangun di atas kepulauan yang terdiri dari 119 pulau dan dibentuk dari 150 kanal dalam lagoon yang dangkal. Pulau-pulau di mana kota ini dibangun dihubungkan oleh sekitar 400 jembatan. Pada wilayah utama di jaman dulu, kanal-kanal ini berfungsi sebagai jalan, dan setiap bentuk transportasi adalah melalui air atau berjalan kaki. Pada abad 19 perjalanan menuju pusat pulau membawa stasiun rel kereta ke Venesia, dan jalanan mobil serta area parkir ditambahkan pada abad ke 20. Jauh di atas jalan-jalan masuk dari pulau di bagian ujung utara kota, alat transportasi dalam kota tetap, sama seperti abad-abad yang lampau, sepenuhnya melalui air atau berjalan kaki. Venesia adalah area urban bebas mobil yang terbesar di Eropa, cukup unik di Eropa dalam mempertahankan fungsi pulau pada abad 21 tanpa mobil atau truk.

Perahu klasik Venesia dinamakan gondola, meskipun sekarang lebih sering digunakan untuk para turis, atau untuk berbagai upacara seperti pernikahan, pemakaman, dan lainnya. Kebanyakan orang Venesia bepergian dengan menggunakan bus air bermotor (vaporetti) yang memiliki rute regular di sepanjang kanal utama dan antara pulau di kota itu. Satu-satunya gondola yang biasa dipergunakan oleh masyarakat Venesia adalah traghetti, ferry berpenumpang pejalan kaki yang menyeberangi Grand Canal pada titik-titik tertentu tanpa jembatan.

Azienda Consorzio Trasporti Veneziano (ACTV) adalah nama dari system transportasi di Venesial. Sistem ini memadukan transportasi daratan, dengan bis-bis, dan dan perjalanan kanal, dengan bis-bis air (vaporetti). Secara total, ada 25 rute yang menghubungkan kota.

Venesia dilayani oleh bandara yang baru dibangun bernama Marco Polo International Airport, atau Aeroporto di Venezia Marco Polo, yang dinamai atas penduduk yang paling terkenal. Airport ini berada di pusat pulau dan dibangun jauh dari pantai, namun taksi air atau bis air Aliliaguna ke Venesia hanya memakan waktu tujuh menit untuk berjalan dari terminal.

Venesia sangat tepat untuk menjadi tujuan wisata Anda yang hendak memperoleh suasana romantis dan memukau dengan menaiki gondola mengelilingi kota yang cantik.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 simple notes. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy